4 Rumus Excel Beserta Contohnya

Excel sangat berguna sekali dalam mengolah data baik itu dalam bekerja maupun untuk menghitung keuangan yang kita miliki. Dengan rumus excel, beberapa pun beratnya kita gak perlu kerja berkali – kali untuk menghitung sesuatu, sehingga mengolah data semakin cepat dan praktis. Berbeda dengan kalkulator yang kita harus memencet satu persatu rumusnya baru ketemu hasil yang diinginkan. 
4 Rumus Excel Beserta Contohnya
Image : Google

Walaupun penggunaan excel sangat praktis, banyak rumus rahasia yang ada bahkan mungkin anda belum mengetahuinya. Inilah rumus – rumus penting excel yang bisa anda gunakan dalam pengolahan data. Jangan lupa praktek yah!

1. Penjumlahan (SUM)
Untuk menjumlahkan anda bisa menggunakan rumus = SUM (Select kolom dari bawah ke atas atau dari samping kiri ke kanan), atau jika bingung anda bisa memasukkannya secara manual dengan rumus =SUM (baris1:baris terakhir) jika anda menjumlahkan ke samping pakai rumus =SUM (kolom1,kolom terakhir) kemudian tekan Enter.

2. Jumlah data yang ada (Count dan Counta)
Untuk menjumlahkan data yang ada pada 1 kolom anda bisa memakai rumus =COUNT(Select kolom dari bawah ke atas atau dari samping kiri ke kanan), fungsi count adalah untuk menghitung jumlah data berupa angka. Berbeda dengan Counta karena Counta akan menghitung data anda baik angka ataupun tulisan. Rumusnya adalah =COUNTA(Select kolom dari bawah ke atas atau dari samping kiri ke kanan)

3. Nilai Maksimal (Max) dan Nilai Minimum (Min)
Ketika anda menemukan beribu – ribu data dan bingung untuk mengetahui nilai terkecil dan terbesarnya, anda bisa menggunakan rumus ini. RUmus ini sangat mudah dijalankan anda hanya pasang rumus =MAX(Select kolom dari bawah ke atas atau dari samping kiri ke kanan) untuk mendapat nilai maksimal dari suatu data, atau menggunakan =MIN(Select kolom dari bawah ke atas atau dari samping kiri ke kanan) untuk mendapatkan nilai minimal dari sebuah data. 

4. Menggabungkan isi 2 sel yang berbeda (CONCATENATE)
Ketika anda mengalami kesulitan dalam penggabungan 2 isi sel ke satu sel yang berbeda, anda bisa memakai cara mudah ini =CONCATENATE(Data1,” ”, Data2).