Bagian Hidung dan Fungsinya

Semua manusia mempunyai hidung untuk bernafas, dan mencium bau yang ada. Alat indera hidung sangat penting untuk manusia. Agar anda tahu kegunaan hidung, ada baiknya anda juga harus tahu bagian – bagian hidung dan fungsinya. 

Bagian Hidung dan Fungsinya
Image by : Google
Bagian hidung dapat dipisah menjadi dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. 
Pada bagian luar hidung ada beberapa bagian yaitu batang hidung (dorsum nasi), pangkal hidung (bridge), puncak hidung (tip), ala nasi (sayap hidung), kolumela, dan lubang hidung (nares anterior). 
Pada bagian dalam hidung ada beberapa bagian juga yaitu:

1. Rongga Hidung (Lubang Hidung)
Rongga hidung sendiri mempunyai fungsi sebagai saluran pernafasan pada manusia sehingga udara oksigen bisa masuk dan karbondioksida juga bisa dikeluarkan dengan baik. 

Pada rongga hidung terdapat banyak bulu hidung yang juga mempunyai fungsi penting yaitu menyaring kotoran yang masuk lewat udara sehingga udara yang kita hirup menjadi bersih, dan kotorannya disaring, kemudian menempel pada bulu hidung tersebut.

2. Tulang Rawan dan Tulang Nasal
Kedua tulang ini fungsinya untuk melindungi organ hidung. Tulang rawan letaknya ada di ujung belakang hidung dan bentuknya sangat lentur, sedangkan tulang nasal berada di antara tulang rawan dan dahi. 

3. Rongga Sinus
Hidung mempunyai 4 rongga sinus yang berbeda – beda dan  letaknya tersebar di beberapa tempat. 4 rongga sinus ini yaitu diantaranya sinus maksilaris (di pipi), sinus frontalis (di dahi), sinus etmoidalis (antara kedua mata), dan sinus sfenoidalis (di belakang dahi). 
Fungsinya sangat banyak, salah satu diantaranya adalah untuk melembabkan hidung agar pernafasan pada hidung bisa lancar dan menjaga agar hidung tidak kering.

4. Ada 4 Bagian dari Bulbus Olfaktori yaitu:

  • Tonjolan Olfaktori
  • Akson
  • Saraf Pembau
  • Silia 
Keempat bagian ini sama – sama mempunyai fungsi yang penting yaitu menerima semua impuls yang dikirim akson dan membawanya menuju otak. Sehingga saat seseorang mencium bau sesuatu, otak segera merespon hal ini. Apakah bau tersebut enak atau bahkan tidak sedap.

5. Nasofaring
Ialah bagian sistem pernapasan yang menghubungkan hidung dan tenggorokan. Saat tersedak bagian inilah yang bisa mengembalikan sesuatu dari hidung ataupun mulut.