Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Allah telah menciptakan 2 jenis makhluk di muka bumi ini. Sebenarnya ada banyak tetapi yang kita pelajari hari ini hanya tentang makhluk hidup dan makhluk yang tidak hidup atau biasa disebut benda mati. Makhluk hidup adalah makhluk yang dapat bergerak dan bernafas. Contohnya seperti manusia, tanaman, dan hewan. Selain itu ada juga benda mati yang tidak bernafas dan bergerak. Misalnya batu, tanah, air, dan banyak lagi yang lainnya. 
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Image : Google

Mahluk hidup mempunyai ciri – ciri yang dapat dibedakan dengan benda mati. Jika anda masih belum mengetahuinya, silahkan simak ciri – ciri makhluk hidup di bawah ini:

1. Bergerak
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Image : Google

Semua makhluk hidup bisa bergerak, mereka dapat menggerakkan anggota badannya untuk melakukan sesuatu. Misalnya kucing, kucing dapat bergerak dengan melompat, berlari atau menggerakkan lidahnya untuk makan. Manusia juga bisa bergerak, coba gerakkan tanganmu ke atas atau ke bawah! Bisa bergerak tidak? Ya benar sekali bisa bergerak.

2. Bernafas
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Image : Google

Bernafas pada manusia artinya menghirup oksigen, dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Oksigen tersebut diperlukan tubuh untuk proses metabolisme dan menghasilkan energy. Pada hewan dan tumbuhan juga terjadi pernafasan, tetapi tidak semua makhluk hidup bernafas dengan oksigen. Contohnya tanaman memerlukan karbon dioksida untuk proses fotosintesis dan menghasilkan energy. 

3. Butuh makanan
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Image : Google

Setiap makhluk hidup memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Makanan digunakan untuk menghasilkan energy dalam tubuh. Jadi tubuh akan bereaksi dan sakit jika tidak makan. 

4. Tumbuh dan berkembang
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Image : Google

Semua manusia, hewan, dan tanaman akan mengalami pertumbuhan. Misalnya pertumbuhan manusia dimulai dari bayi – balita – remaja – dewasa - tua.  Begitu pula dengan manusia dan hewan.

5. Peka terhadap rangsangan
Anggota tubuh makhluk hidup sangat peka terhadap rangsangan. Hal ini berfungsi untuk mempertahankan diri ataupun untuk menghadapi segala sesuatu yg ada. Contohnya tawon akan menyengat jika diganggu oleh manusia. 

6. Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
Tidak hanya proses pemasukan oksigen, tetapi manusia juga perlu membuang dan mengeluarkan zat sisa. Misalnya kita makan, maka sisanya akan dibuang dalam bentuk kotoran yg dikeluarkan dari anus, saat  kita minum, maka zat sisa yg akan dikeluarkan ginjal adalah zat berupa urine. Kulit juga mengeluarkan zat sisa berupa keringat.