Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis adalah puasanya nabi kita Muhammad SAW jadi sebagai umat muslim seharusnya mau melaksanakan ibadah sunnahnya yaitu puasa sunnah senin kamis. Keutamaan dari solat ini juga sangat banyak manfaatnya bagi yang istiqomah melaksanakannya.

Keutamaan Puasa Senin Kamis
Image : Google
Kita wajib hukumnya mengamalkan dan memberi contoh kepada anak-anak, teman, atau saudara kita supaya nanti anak-anak kita dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan dapat menahan hawa nafsu saat berpuasa.
Berikut rangkuman tata cara berpuasa senin kamis:

1. Niat 
Niat dari puasa ini ada dua karna kita melaksanakan di dua hari yang berbeda yaitu senin dan kamis.
Senin: ‘’NAWAITU  SAUMA YAUMUL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHITA’ALLAH’’ yang artinya aku niat puasa Sunnah di hari senin karena Allah ta’allah
Kamis: ‘’NAWAITU SAUMA YAUMUL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA’ALLAH" artinya aku niat puasa Sunnah di hari kamis karena Allah ta’allah
2. Melakukan sahur sebelum adzan subuh berkumandang. 
3. Melaksanakan puasa mulai adzan subuh sampai matahari terbenam.

Inilah keutamaan dan manfaat puasa setiap hari senin dan kamis.
Rahasia dari puasa senin kamis yang jarang di ketahui oleh orang yaitu meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ), meningkatkan kecerdasan emosional (EQ) dan meningkatkan kecerdasan spiritusl (SQ).

Manfaat bagi kehidupan sehari hari diantaranya sebagai berikut:
1. Dapat mengontrol pikiran tindakan dan perkataan agar tetap tenang dalam menghadapi kehidupan, baik dalam bentuk kebahagian, cobaan dan ujian. 
2. Menjaga kadar lemak dan menjaga kesehatan. Secara tidak kita sadari puasa ini dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh kita karena perut tidak kita isi dengan berbagai macam makanan.
3. Menjaga hawa nafsu. Kadang kala kita sering membiarkan nafsu kita membabi buta dan membuat dosa menumpuk. Dengan puasa ini kita dapat membentengi diri agar hawa nafsu dapat terkontrol dan terhindar dari hal hal yang berdosa seperti membicarakan kejelekan orang, sombong, iri, dengki, takabur dan sebagainya.
4. Mengistirahatkan organ pencernaan. Puasa bermaanfaat bagi organ pencernaan yang setiap hari dipaksa mencerna makanan dan jarang sekali diistirahatkan kecuali saat puasa ramadhan. Dengan berpuasa menjadikan pencernaan kita tetap sehat.
5. Mendekatkan diri kepada Allah. Rosulullah sangat menyukai puasa ini dan dengan puasa ini semoga keimanan kita selalu di jaga Allah SWT.