Niat dan Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

Siapa yang tidak kenal dengn sholat dhuha? Sholat dhuha adalah sholat Sunnah yang sangat istimewa. Sholat ini hanya 2 rakaat dan bisa ditambah bila mampu. Walaupun jumlah rakaatnya sedikit tapi banyak orang yang sangat sulit untuk melaksanakan sholat Dhuha dengan rutin. 

Sholat Dhuha mempunyai banyak keutamaan dan manfaat salah satunya adalah membuka pintu rezeki bagi yang melaksanakannya secara konsisten. Jadi jika rejeki anda sedang seret cobalah untuk sholat dhuha. Bukan saat membutuhkan saja, sholat dhuha juga membuat rejeki anda lebih lancar meskipun anda sudah mempunyai banyak uang.

Walaupun sholat dhuha hukumnya tidak wajib tapi sholat dhuha baik sebagai amalan sebelum melakukan aktivitas. Meskipun waktu kita banyak terpakai untuk urusan dunia tapi pasti ada waktu yang kosong untuk melaksanakan sholat dhuha. Gak perlu waktu banyak kok paling cuma 5 menit setiap hari. 
Anda tidak tahu caranya? Kami akan membagikan cara melaksanakan sholat dhuha dan waktu yang tepat serta doa setelah sholat dhuha, dan doa memperlancar rejeki yaitu sebagai berikut:

1. Niat dan cara sholat dhuha
- Sebelum sholat wajib hukumnya untuk berniat karena setiap sholat niatnya berbeda. Niat sholat dhuha: ‘’Usholli sunnatadh dhuhaa Rak’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an lillahi ta’aalaa (Aku berniat sholat Sunnah  dhuha dua rokaat menghadap kiblat saat ini karena Allah ta’alaa)
- Cara sholat Dhuha yaitu membaca takbirotul ihkrom dengan mengangkat kedua tangan dilanjutkan dengan membaca doa iftitah, setelah itu dilanjutkan dengan membaca surah al fatihah dan Asy-syams atau membaca surat pendek lainnya.
Dilanjutkan dengan ruku, I’tidal, sujud, barulah duduk diantara dua sujud, sujud kedua, dan setelah itu berdiri lagi dilanjutkan dengan membaca surah Al fatihah dan surah Adh dhuha atau surat pendek lainya. Kemudian ulangi langkah tadi secara urut dengan diakhiri sampai tahiyat akhir. 

2. Waktu yang afdhol untuk sholat dhuha
Jika di kota arab tanda tandanya dapat menunaikan sholat Dhuha yaitu padang pasir mulai panas dan anak unta mulai beranjak. Sedangkan di negara Indonesia waktu solat dhuha bisa dimulai dari 20 menit setelah matahari terbit sampai 15 menit sebelum dzuhur atau mulai pukul 06.30 pagi sampai jam 11 siang. 



3. Doa setelah sholat dhuha. 
setelah solat dhuha sebaiknya kita membaca doa supaya kita diberi kemudahan rezeki dari Allah swt. Doa ada disebelah atas, silahkan dibaca.