3 Fakta Foie Gras, Santapan Mewah Syahrini yang Tuai Kritik

Instagram tak hanya digunakan oleh netizen sebagai media berbagi informasi seperti tempat makan yang enak atau lokasi wisata yang patut dikunjungi. Namun media sosial satu ini juga kerap dijadikan wadah “laporan” aktivitas keseharian. Tak terkecuali Syahrini.


Dilansir dari grid.id (12/08/18), artis pemilik akun IG @princessyahrini mengunggah kegiatannya saat sedang makan di salah satu restoran mewah di kawasan Sudirman, Jakarta. Yang menarik, menu yang dipilih adalah foie gras, hidangan yang menuai kritik di berbagai negara.

Biar lebih tahu tentang foie gras, berikut fakta-faktanya.

1. Berasal dari Perancis

Dari namanya mungkin sudah bisa menduga kalau foie gras ini merupakan kuliner asal Perancis. Secara bahasa, foie gras memiliki arti “hati berlemak”. Memiliki tekstur yang lembut tapi kenyal.

2. Terbuat dari hati angsa

Foie gres terbuat dari hati angsa. Yang membuatnya unik sehingga tak heran harganya mahal, angsa yang digunakan sengaja dibuat gemuk terlebih dahulu. Tujuannya agar hati angsa yang nanti diolah kaya akan lemak dan rasanya gurih.

3. Ditentang di berbagai negara

Mungkin kamu pernah mendengar istilah sapi gelonggongan. Sapi yang dipaksa minum air sebanyak-banyaknya supaya bobot dagingnya berat. Tentu saja ini merugikan konsumen. Karena daging dari sapi gelonggongan lama-lama akan menyusut karena airnya akan keluar. Akibatnya, berat daging yang dibeli konsumen tidak sesuai dengan berat daging aslinya.

Proses penggemukan angsa untuk foie gras mirip seperti itu. Angsa-angsa dipaksa atau dicekoki makan menggunakan selang panjang supaya gemuk.


Karena proses yang menyiksa binatang inilah foie gras banyak dilarang berbagai negara. Contoh saja India, beberapa negara bagian Amerika Serikat, Australia, Argentina, Israel, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, Italia, Luksemburg, Norwegia, Polandia, Turki, Inggris, dan Kota Sao Paulo di Brazil.