Ditiru Negara Lain Marah, 5 Sinetron Indo Ini Malah Ternyata Plagiat? Nomer 1 Laris Banget

Isu Plagiatisme memang seringkali diungkapkan jika terjadi kemiripan baik di dunia film maupun tayangan televisi Indonesia dengan luar negeri.

Kebiasaan yang timbul saat ada sesuatu yang laris manis dan booming, langsung deh ditiru biar ikut booming.

Tidak kalah juga dunia sinetron Indonesia yang kabarnya sekarang memprihatinkan.

1. Siapa Takut Jatuh Cinta

Bagi yang di tahun 2002 udah gede, pasti tahu tentang bagaimana boomingnya drama Meteor Garden yang dibintangi Jerry Yen dan kawan-kawannya. Tapi Indonesia juga punya sinetron dengan kearifan lokalnya loh.

Dibintangi oleh Leoni, Indra L Brugman dan kawan-kawan dengan judul Siapa Takut Jatuh Cinta. Ide cerita sama persis, jumlah pemeran utama sama, dan masih banyak kesamaan lainnya.

Dan kabarnya mau di reboot lagi sinetron ini dengan dibintangi oleh artis muda.

2. Kau yang berasal dari bintang

Kalau dibilang hanya terinspirasi mungkin salah besar. Dari judulnya saja, hanya translate dari You Who Came From The Stars.

3. Benci Bilang Cinta

Marshanda yang dulu begitu digandrungi para cowok juga pernah memainkan sinetron yang diduga versi Indonesia-nya Princess Hours.

Jalan cerita yang mengisahkan laki-laki kaya dijodohkan dengan perempuan miskin, mungkin bisa jadi karena ide perbedaan drastis kasta seperti itu sudah ada dari jaman Cinderella. Tapi jalan cerita di Benci Bilang Cinta ini memang sekilas mirip dengan Princess Hours korea loh.

4. Buku Harian Nayla

Buku Harian Nayla juga dulu sempat booming di Indonesia setelah diperankan oleh Glenn Alinski dan Chelsea Olivia yang emang mesra banget.

Sayangnya ditengah banyak masyarakat yang memuji jalan ceritanya, malah ternyata ada yang mirip dari Jepang dengan judul Ichi Rittoru no Namida atau 1 Litre of Tears. Dan tidak cuma jalan cerita yang mirip, tapi adegan-adegannya juga banyak yang mirip.

5. Ganteng ganteng Serigala

No Comment deh buat yang satu ini.

Bagaimana menurut anda?